TVS Max 125 Semi Trail, Nyaman Sekali untuk Sehari-hari

TVS Max 125 Semi Trail memang cocok digunakan untuk jakan yang tidak beraspal. Hal ini didukung dengan digunakannya ban model tahu dan ukuran ring velg 16 inch belakang dan 19 inch bagian depan. Selain hal tersebut, juga didukung oleh shock breaker series spring yang merupakan fitur unggulan TVS Max ini. 

TVS Max 125 Semi Trail ini menggunakan mesin 125 cc yang sangat irit. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 8.10 kw pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 10.8 Nm pada 5.500 rpm. Mesin yang sangat irtit ini tentu merupakan solusi kenaikan harga BBM bersubsidi yang dilakukan oleh pemerintah. Apalagi misal kita tinggal di desa yang jauh dari SPBU, kapasitas tangki 14 liter tentu bisa digunakan dalam jarak waktu yang lama. 

Alhamdulillah saya sempat mencoba motor TVS Max 125 Semi Trail yang  dibanderol dengan harga 12,9 juta rupiah OTR Jakarta ini. Saya mencoba TVS Max 125 Semi Trail yang dibawa oleh Bang Evoel Saepuloh yang sedang mampir di Semarang dalam perjalanan Ekspedisi Jawa, Bali, dan Lombok. Berikut akan saya gambarkan beberapa hal yang saya rasakan ketika saya test ride TVS Max 125 Semi Trail. 

Walaupun menggunakan ukuran velg 19 inch pada bagian depan tapi motor ini tidak terlalu tinggi bagi saya karena velg belakangnya 16 inch. Hanya memang karena tinggi badan yang hanya 165 cm membuat saya agak jinjit. Overall sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari. Apalagi saya tinggal di desa yang jalannya belum beraspal tapi masih berbatu, TVS Max 125 Semi Trail ini cocok banget bagi saya. 

Memang benar keunikan dari TVS Max terletak pada persnelingnya.  Bang Evoel sendiri juga masih kagok (belum terbiasa) padahal sudah menempuh perjalanan dari Bekasi, apalagi saya yang baru mencoba sebentar. Cara menaikkan gigi di TVS Max ini dengan cara menginjak tuas belakang persneling, saya mencoba mencungkil bagian depan tapi kurang nyaman di jempol. Jadi, saran saya lebih baik injak saja ketika memasukkan gigi. 

Akselerasi TVS Max 125 Semi Trail ini enteng sekali khas motor trail. Saya termasuk yang setuju jika akselerasinya mirip seperti ketika kita semua menaiki produk dari pabrikan Honda yaitu Honda Win. Sayangnya saya hanya mencoba TVS Max ini di jalan kampung saja, sepertinya memang harus dicoba di jalur yang lebih ekstrim agar lebih terbukti kekuatannya. 

Dari segi handling, TVS Max 125 Semi Trail ini bisa dibilang sangat nyaman. Selain ukuran velg yang besar, TVS Max juga dibekali stang yang tinggi. Saya sempat hampir bertanya ke Bang Evoel apakah stang ini bisa diaplikasikan ke Apache dan sepertinya bisa. Untuk melibas jalanan pedesaan memang cocok sekali, ditambah shock breaker yang empuk tidak menyebabkan pegal-pegal yang berlebihan. 

Bagusnya lagi, walaupun cuma 125 cc tapi sistem pengereman TVS Max 125 Semi Trail ini sudah cakram di bagian depannya. Rem cakram depan ini tidak mau kalah dengan kakaknya, pakem dan juga nyaman digunakan. Bayangkan saja, motor laki seharga 12jutaan saja tapi fiturnya melimpah gini. 

Kesimpulan dari testride saya terhadap TVS Max 125 Semi Trail ini adalah motor ini memang cocok digunakan sebagai kendaraan harian. Terutama untuk orang seperti saya yang tinggal di desa, boleh juga sih yang tinggal di kota mau pakai yang versi sport. Atau yang semi trail tinggal diganti model bannya saja. Bisa jadi TVS Max 125 ini jadi motor sport paling irit. 

Baca ini juga Guys:

Belum ada tanggapan untuk "TVS Max 125 Semi Trail, Nyaman Sekali untuk Sehari-hari"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.