Cara Naik Kereta Api Pertama Kali

Pertama kali naik kereta api dulu ketika sistemnya masih manual. Pengalaman naik kereta api pertama kali saat saya mau berangkat ke Jogja dari Stasiun Kedungjati yang merupakan salah satu stasiun tertua di Indonesia. Saya berangkat pukul 06.00 untuk membeli tiket kereta yang akan berangkat pukul 07.00 menuju Stasiun Balapan Solo, setelah itu di Stasiun Balapan saya membeli tiket lagi menuju Yogyakarta.

Nah, hari Selasa kemarin saya pertama kali naik kereta api dengan sistem yang sudah menggunakan komputer semua. Saya tidak harus ke Stasiun untuk membeli tiket, cukup dengan menggunakan handphone kita bisa memesan tiket kereta api atau istilahnya booking. Karena kemarin saya juga tidak mau ribet dan susah, saya akhirnya memesan tiket melalui Indomaret.

Bagaimana caranya memsan tiket kereta api melalap Indomaret? Saya langsung datang ke Indomaret dan menemui kasir, bilang bahwa saya mau booking atau pesan tiket kereta api. Setelah ditanya berangkat darimana dan menuju mana, kemudian kasir Indomaret meminta kartu identitas saya agar nama yang diketik tidak salah. Pastikan pemesanan tiket seawal mungkin dan tidak mendesak agar kursinya masih tersedia.

Setelah memastikan semuanya benar, kemudian kasir Indomaret memberikan print yang berisi kode yang nantinya digunakan untuk mencetak tiket untuk chek in di Stasiun. Oh ya, saya kemarin melakukan perjalanan dari Stasiun Poncol menuju Stasiun Purwokerto, kereta yang saya naiki adalah Kamandaka. 

Keberangkatan saya menuju Purwokerto ini untuk ikut dalam acara Touring yang diadakan oleh PT. Suzuki Indonesia Sales (PT. SIS) dengan motor Suzuki GSX S150 menuju Madiun. Touring ini diadakan oleh PT. SIS dalam dalam rangka 47 tahun Suzuki Indonesia. Saya memilih menggunakan kereta api karena waktunya yang lebih cepat dibanding transportasi darat yang lain.

Melanjutkan masalah pengalaman naik kereta api dengan sistem komputerisasi. Setelah mendapatkan kode, saya kemudian berangkat ke Stasiun pada hari H. Karena ini perjalanan pertama kali saya, akhirnya saya memutuskan untuk bertanya kepada Customer Service di Stasiun Poncol Semarang. Saya dilayani dengan baik dan ditunjukkan bahwa di Lobi dekat pintu masuk ada komputer untuk cetak tiket. Saya tinggal memasukkan kode kemudian print tiketnya.

Perlu diketahui bahwa misal tiket kereta api yang dicetak ternyata hilang, maka kita masih bisa mencetak ulang tiket kereta api kita selama kodenya tidak hilang. Adapun waktu yang diberikan untuk cek in ke Stasiun maksimal adalah 10 menit sebelum kereta berangkat. Saya sendiri kemarin mencetak tiket sekitar setengah jam sebelum keberangkatan. Saran saya lebih baik dilakukan kira-kira satu sampai setengah jam sebelum kereta berangkat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga kita tidak tergesa-gesa.

Tiket sudah dicetak kemudian kita bisa langsung cek in atau masuk ke ruang tunggu atau kalau tidak salah namanya peron. Sambil menunggu kereta datang, kita bisa menuju ke kantin yang sudah disediakan pihak stasiun. 

Akhirnya tiba juga kereta yang saya tunggu, dari booking yang saya pesan nomer tempat duduk saya berada di gerbong no 1 kursi 2A. Artinya saya berada di gerbong paling depan dekat lokomotif dan duduk di kursi nomer 2A. Kita bisa memilih nomer tempat duduk ketika pesan atau booking. 

Demikian tadi pengalaman saya naik kereta api menuju Purwokerto. Oh ya ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya. 

1. Pastikan membawa bekal makanan dan minuman, karena walaupun saya naik kereta kelas ekonomi tapi menu makan dan minum masih terlalu mahal harganya. Saya terpaksa beli kopi hitam dengan harga Rp. 8.000,00, padahal biasanya hanya Rp. 2.000,00. Menu nasi ngoreng dan makanan lain yang ditawarkan berkisar Rp. 30.000,00. Entah kalau kelas eksekutif saya belum tahu. 
2. Pastikan nama yang tercetak di tiket sama dengan kartu identitas.
3. Tiket jangan sampai hilang kecuali kalau sudah diperiksa oleh pihak kereta 
4. Pastikan duduk di kursi yang benar
5. Jangan merokok kalau tidak mau diturunkan di Stasiun terdekat.

Baca ini juga Guys:

8 Tanggapan untuk "Cara Naik Kereta Api Pertama Kali"

  1. Betul sekali, saya pun membeli tiket lewat indomaret. Cara ini benar-benar simpel ketimbang dahulu kala beli di stasiun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, lebih mudah g perlu desak-desakan

      Hapus
  2. Sekarang semuanya serba mudah ya mas :-)

    BalasHapus
  3. kereta ekonomi sekarang sudah nyaman ya gan ???

    BalasHapus
  4. belum pernah naek ka mas. beliin karcis temen doang di sta. tawang , abis nginep di demak.
    seumur idup baru sekali itu, lebih dr 5 th yl :D

    BalasHapus
  5. terim kasih. ceritanya sngat memberi pencerahan. mau mudik nyoba dengan kereta api. seumur hidup belum pernah naek kreta soalnya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.