Review Singkat Helm KYT R10 Solid Black

Helm KYT R10 atau saya menyebutnya ErSepuluh, padahal mas-mas yang di Toko Helm menyebutnya ErTen merupakan helm yang akan saya berikan review singkat kali ini. Helm ini merupakan helm hibah yang saya dapatkan saat mengikuti touring T4KLUKKAN BA7ASAN dengan Suzuki GSX S150. Jadi, jika ada yang menanyakan berapa harga Helm KYT R10 saya tidak bisa menjawabnya. 

Impresi pertama kali terhadap helm KYT R10 yang berwarna hitam solid ini membuat saya kagum. Desain simpel dan tidak terlalu terlihat kebesaran untuk helm fullface tentu saja menjadikan saya tertarik dengan helm ini. Apalagi ketika saya angkat, ternyata tidak terlalu berat. Kabarnya sih beratnya sekitar 3 Kg, mohon maaf saya tidak punya timbangan. Kita coba lihat saja nanti bagaimana kesan setelah mengenakan helm ini. 

Helm KYT R10 yang saya review kali ini berukuran L, sesuai dengan ukuran helm yang saya miliki saat ini. Helm saya saat ini adalah Cargloss AHRS, yang tentu saja tidak bisa saya bandingkan dengan KYT R10 karena dari segi harga saja sudah berbeda.  Visor Helm ini juga sama dengan warna helmnya yaitu hitam. Helm KYT R10 ini memiliki kain busa pipi yang halus, sehingga sangat nyaman di pipi dan tidak kasar. 

Air Vent atau lubang udara di helm ini ada lima, satu berada di bagian mulut, dua diatas bagian depan dan dua di bagian bawah belakang. Angin bisa masuk dengan leluasa ke dalam helm tanpa takut terasa gerah atau panas. Cuma ketika pertama kali memakai, saya tidak tahu kalau bagian mulut desainnya membukanya dengan cara ditekan di bagian bawah. Biasanya model tarik, jadi saya agak kagok saat pertama kali memakai ini. Nah bagian ini ketika dibuka, akhirnya malah seperti penampung air, entah kalau hujan apakah air masuk kesini atau tidak saya belum mencoba. 

Untuk kualitas helm KYT R10 ini sudah SNI (Standar Nasional Indonesia). Ini merupakan standar yang harus dimiliki oleh helm yang kita kenakan sehari-hari ya, jangan sampai kita mengabaikan hal ini untuk keamanan kita sendiri. Selain kualitas SNI, ternyata helm KYT R10 juga berkualitas DOT. Apa maksudnya? DOT merupakan kependekan dari Departemen of Transportation di Amerika dengan kode FMVSS 218. Artinya helm yang memiliki stiker DOT adalah helm yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (Nasional Highway Traffic Safety Association).  Tidak perlu ragu lagi dengan kualitas yang dimiliki oleh helm ini. 

Sistem penguncian helm KYT R10 masih menggunakan quick realase bukle dan belum menggunakan sistem Double D Ring. Ini merupakan sistem penguncian yang menurut saya tergolong standar, karena helm Cargloss AHRS saya saja sudah menggunakan sistem DD Ring. Tapi walaupun standar tetap aman dan tidak mudah lepas kecuali kalau sengaja dilepas. Oh ya, sekalian sebagai bahan pengingat, jika mengenakan helm pastikan talinya terikat, jangan sampai helm lepas jika terjadi sesuatu. 

Selama mengenakan helm ini untuk touring beberapa waktu lalu yang menempuh perjalanan dari Purwokerto ke Madiun, ada satu hal yang paling saya rasakan tidak nyaman dengan helm ini. Telinga saya tidak bisa masuk secara sempurna ke dalam lubang busa pipi. Akhirnya telinga terjepit dan tentu saja lama-lama terasa panas. Ini adalah kelemahan helm KYT R10 yang saya rasakan. Karena perjalanan ini rombongan tentu saja saya tidak bisa berhenti istirahat sendiri untuk melepas helm, terpaksa saya harus menahannya. 

Tapi bisa jadi ini karena helm adalah produk massal, jadi setiap orang akan merasakan hal yang berbeda walaupun sama ukurannya. Bisa jadi di kepala saya tidak nyaman, tapi di kepala orang lain sangat nyaman. Beda misalnya jika seperti pembalap Valentino Rossi yang helmnya memang didesain sesuai kepalanya. So, masalah ini saya rasa hanya untuk saya saja. 

Hal kedua yang menjadi masalah adalah warna visor yang gelap. Jika helm KYT R10 ini digunakan untukb siang hari sih aman-aman saja visornya ditutup. Tapi kalau digunakan pada malam hari dengan visor tertutup, saya sangat tidak menyarankan. Sementara ini saya sedang mencari visor bening untuk helm KYT R10 ini, semoga bisa dapat. 

Ok. Demikian review singkat KYT R10 yang saat ini berada di tangan saya. Semoga nanti bisa memberikan review lagi jika sudah digunakan dengan jarak yang berbeda. 

Baca ini juga Guys:

10 Tanggapan untuk "Review Singkat Helm KYT R10 Solid Black"

  1. Kayaknya mahal ini ya mas. Kayak heml full face pada umumnya makhal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya sih kabarnya 500ribuan

      Hapus
    2. tidak brom kyt r10 sekarang dibandrol 300 -360 ribu

      Hapus
  2. Cucok kalau dibawa tur sama suzuki Gsxnya

    BalasHapus
  3. Helm ini memang top banget, rencananya bulan depan pingin beli satu mas 😂

    BalasHapus
  4. Cakep... pengen nih

    https://indoride.com/2017/04/27/yamaha-resmi-rilis-all-new-vixion-tersedia-dalam-2-varian-berikut-spesifikasi-harga-dan-pilihan-warnanya/

    BalasHapus
  5. Banyak yang menyepelekan hel. Padahal helm justru memproteksi salah satu bagian tubuh yang vital

    BalasHapus
  6. visornya udah visor datar ya om,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang punya saya ini belum, kalau beli yang sekarang sudah flat visornya

      Hapus
  7. It's Another great article from you. Imagine what it would look like in the form of a clothes, puzzle and calendar.
    Thanks

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.