TVS Apache RR 310, Motor Full Fairing TVS Pertama Resmi diluncurkan

TVS Apache RR 310 yang merupakan hasil dari motor konsep TVS Akula akhirnya resmi diluncurkan oleh TVS Motor Company India. Motor ini resmi dilaunching di India pada tanggal 6 Desember 2017. Butuh 20 bulan TVS Motor Company meluncurkan motor ini sejak dipamerkan pada pameran otomotif di India sana.

Motor yang merupakan hasil kolaborasi antara TVS dan BMW ini diyakini mengambil basis mesin yang sama dengan produk yang dijual oleh BMW yaitu BMW G310R. TVS Apache RR 310 memiliki mesin DOHC 1 silinder mampu menghasilkan power hingga 34.2 BHP. Untuk mencapai kecepatan dari 0-60 kpj hanya butuh waktu 2,93 detik saja.

Motor yang diberi label "The Ultimate Track Weapon" ini merupakan produk dari TVS persembahan ulang tahun TVS Racing yang ke 35. TVS menyatakan bahwa motor ini dibangun berdasarkan 5 prinsip, performance,  outstanding riding dynamics, signature design, aerodynamics, and high quality.

Motor ini dibangun melalui pengujian yang ketat dan pengetesan di lap yang tidak terbatas di sirkuit balap sehingga menghasilkan masukan dan umpan balik oleh tim balap TVS menjadikan motor ini memiliki kontrol yang tinggi baik di trek balap maupun di jalan raya.

Desain TVS Apache RR 310 ini terinspirasi oleh predator yang paling mematikan yaitu ikan hiu. Desain ini memiliki siluet yang agresif yang siap menyerang (membelah angin) di trek balap maupun di jalan raya. 

Speedometer didesain vertial dengan berbagai fitur balap seperti lap timer, perekam topspeed, perekam waktu peluncuran, Sedangkan lampu depan sudah menggunakan lampu projektor twin, dengan alis yang agresif, sehingga memberikan cahaya yang cukup terang, berkendara dengan aman dan nyaman baik di siang hari maupun malam hari.

Jika kita melihat lampu bagian belakang TVS Apache RR 310 ini tentu kita akan dibuat terkejut, sebenarnya ini terinspirasi dari apa? Ternyata lampu bagian belakang TVS Apache RR 310 ini terinspirasi dari taring ular sehingga membuatnya terlihat sangat unik.

Ergonomi TVS Apache RR 310
Ergonomi TVS Apache RR310 ini menggunakan ergonomi untuk nyaman digunakan sehari-hari maupun balap di lintasan. Segitiga pengendara dioptimalkan untuk distribusi beban yang lebih baik di bahu untuk memberikan kontrol kemudi yang sangat baik dan kenyamanan low-back yang baik.

Rangka teralis ringan menawarkan kekakuan yang lebih tinggi dengan efisiensi struktural terbaik untuk kontrol total, respon dinamik yang sangat baik pada kecepatan yang lebih tinggi dan kemudahan manuver untuk memotong lalu lintas kota.

Monoshock KYB dengan teknologi piston floating monotube memiliki stopper hidrolik dengan katup cek yang memberikan redaman presisi dan respons dinamis yang mulus untuk mencapai akselerasi lateral kelas atas dan kecepatan menikung.

Mesin motor diletakkan pada tempat yang tepat agar motor ini memiliki gaya gravitasi terendah sehingga memudahkan untuk dikontrol.

Spesifikasi mesin TVS Apache RR 310

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Back-to-Front Single Cylinder, DOHC 4-Valve

Bore x Stroke : 80 x 62,1 mm

Kapasitas Silinder : 312,2 cc

Rasio Kompresi : 10,9 : 1

Sistem Penyuplai BBM : Bosch Electronic Fuel Injection

Transmisi : 6-Speed, Constant-Mesh

Max Power : 33,5 HP @ 9.700 RPM

Max Torsi : 27,3 N.m @ 7.700 RPM


Dimensi Panjang x Lebar x Tinggi : 2.001 x 786 x 1.135 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.365 mm

Tinggi Jok : 810 mm

Ground Clearance : 180 mm

Berat Kendaraan : 169 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 11 Liter

Frame : Steel Trellis, With Bolt-on Subframe

Suspensi Depan : 41mm KYB Upside Down Fork

Suspensi Belakang : Forged Aluminium Swingarm, Gas-assisted Monoshock

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 300 mm, Kaliper Radial ByBre (Brembo) 4-Piston, ABS

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 240 mm, Kaliper ByBre (Brembo) 1-Piston, ABS

Ban Depan : 110/70 – R17 (Michelin Pilot Street Radial)


Ban Belakang : 150/60 – R17 ((Michelin Pilot Street Radial)


Pilihan warna TVS Apache RR 310

TVS Apache RR 310 memilihi dua pilihan warna yaitu Racing Red dan Racing Black. Warna merah dan warna hitam.


Apakah TVS Apache RR 310 ini dijual di Indonesia?

TVS Apache RR 310 ini dijual di India dengan harga 43jutaan rupiah. Sampai saat ini belum ada kabar dari PT. TVS Motor Compani Indonesia (TMCI) akan memboyong motor ini ke Indonesia, akan tetapi kemungkinan akan dibawa ke Indonesia tentu bisa juga, karena motor konsep Akula dulu juga dipamerkan di Indonesia. Jadi mari kita tunggu saja kabar baiknya. semoga...

Hubungi saya melalui :
WA : 081330254534 atau klik http://bit.ly/MasHuda
Facebook : Suka Roda Dua
Twitter : Mas Huda
Instagram : Mas Huda

Baca ini juga Guys:

6 Tanggapan untuk "TVS Apache RR 310, Motor Full Fairing TVS Pertama Resmi diluncurkan"

  1. Kegedean TVS Apache RR 310 ini kalau buat saya mah, badan saya kecil soalnya ms, heee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari beberapa sisi terlihat gemuk ya motornya pak, tapi sepertinya angle kamera saja kok

      Hapus
  2. Ijin share aja buat follower saya ya...

    BalasHapus
  3. Jadi Pesaing Honda dan Kawasaki nih...Macho lah pokoknya tapi buat saya nggak cocok soalnya saya kurus dan nggak cocok dikantong juga he he he

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.